Anjing cacingan memang menjadi masalah dalam merawat hewan peliharaan. Ciri-ciri anjing cacingan adalah sering muntah-muntah, terkadang di muntahannya terlihat ada cacing, begitu pula juga dengan kotorannya, sering juga terlihat adanya cacing. Selain itu, anjing cacingan biasanya sulit untuk tumbuh besar, sulit untuk menjadi gemuk dan tinggi. Anjing cacingan terkadang suka mengeluarkan kotoran yang mengandung darah, mencret, serta badannya terlihat malas dan lemas.

Cacing pada anjing biasanya berjenis cacing gelang dan cacing pita. Cacing pada anjing merupakan parasit yang dapat sangat berbahaya jika tidak segera dibasmi. Cacing pada anjing merusak jaringan pencernaan dan juga organ-organ penting seperti paru-paru, hati maupun jantung. Oleh sebab itu, begitu anjing Anda terkena gejala cacingan, segera berikan obat cacing anjing.

Cacing pada anjing dapat diatasi dengan memberikan obat cacing anjing secara rutin. Memberikan obat cacing anjing dapat dilakukan sejak anjing masih berusia 2 minggu. Pemberian obat cacing anjing diulang setelah 1 minggu dan kemudian dilakukan 2 minggu sekali hingga anjing berusia 6 bulan. Selama periode ini, berikan obat cacing anjing selama 2 hari berturut-turut. Setelah anjing berusia 6 bulan, pemberian obat dilakukan setiap bulan selama 1 hari saja. Pemberian obat cacing anjing secara rutin dapat mencegah cacing anjing berkembang biak. Telur cacing pada anjing sulit dibasmi, yang bisa dibasmi dengan obat cacing adalah cacing itu sendiri. Oleh sebab itu, dengan pemberian obat cacing yang sering, diharapkan telur yang telah menetas menjadi anakan cacing dapat ikut terbasmi.

Obat cacing anjing dapat dibeli di pasaran. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan resep yang tepat. Anda juga bisa menggunakan obat cacing manusia namun dengan dosis yang lebih rendah untuk anjing Anda. Dosis obat cacing anjing berbanding lurus dengan berat badannya.

Selain pemberian obat cacing, mencegah cacing anjing dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan anjing. Makanan dan minuman serta kandang anjing harus bersih dan terawat. Begitu pula dengan kebersihan anjing itu sendiri, harus rutin dimandikan. Dengan lingkungan yang lebih bersih, maka anjing cacingan dapat dicegah.