Sudah tidak mengherankan bagi para penghobi anjing bahwa biaya makanan anjing mereka saja bisa mencapai jutaan rupiah per bulannya. Makanan instan kalengan, yang memiliki komposisi yang telah ditakar oleh para ahli kesehatan hewan dan dikemas dengan teknologi tinggi. Para penghobi anjing tentu berlomba-lomba memilih makanan anjing jenis ini untuk peliharaan mereka, karena kata iklan itulah makanan anjing yang bagus, mengandung nilai gizi yang hampir menyerupai gizi untuk orang dewasa.

Tidaklah salah, jika kita lihat bahan pembuatannya, tidak jarang bahan-bahan dog food bergizi itu adalah daging ayam yang notabene juga bergizi bagi manusia, atau malah daging ikan. Para penghobi anjing itu kadangkala hanya melihat instannya saja, sekali membeli dan tidak perlu susah-susah mengolah. Padahal makanan anjing yang alami itu yang paling bagus. Makanan mentah yang diolah sendiri orang penghobi lebih sehat dibandingkan makanan kalengan yang penuh dengan pengawet dan bahan-bahan kimia lain.

Mana yang lebih bergizi, makanan mentah atau makanan kalengan?  Sudah tentu, semakin sama makanan itu dengan keadaan aslinya maka nilai gizi yang terkandung juga semakin banyak. Sama halnya dengan makanan yang dimasak. Berbagai vitamin, zat-zat bergizi larut dalam proses pemanasan dan menguap jika terlalu lama dimasak, jadi makanan mentah itu cocok bagi peliharaan.

Namun permasalahannya, amankah memberikan makanan mentah bagi anjing? Jika dilihat dari segi gizi kita bisa memastikan bahwa jawabannya iya, asalkan pengolahannya benar. Sebagai contoh kita bisa lihat efek makanan mentah bagi manusia. Orang Jepang banyak makan daging ikan mentah pada berbagai jenis sussi, akibatnya tubuh mereka lebih sehat walaupun resiko terkena penyakit yang disebabkan oleh parasit dalam ikan juga besar. Nah, disanalah tepatnya pemilik anjing memegang peranannya.

Jika ingin memberikan makanan mentah maka bahan yang dipilih harus benar-benar sehat, bebas dari penyakit, parasit ataupun bakteri. Untuk diet anjing, penghobi bisa memilih kombinasi kaya serat. Untuk pengolahan, makanan mentah yang sudah siap dan dibersihkan itu bisa ditaruh di dalam kulkas. Keluarkan jika hanya akan diberikan pada anjing, dan usahakan sudah termakan setelah setengah jam dikeluarkan dari kulkas. Jika tidak maka bakteri bisa berkembang dan makanan itu sudah tidak sehat lagi.